Sabtu

Demokrasi Setengah Hati



Suatu pemerintahan bisa dikatakan demokratis apabila mekanisme pemerintahannya melaksanakan prinsip-prinsip demokrasi dengan baik dan benar. Prinsip demokrasi itu terdiri dari persamaan, kebebasan, dan pluralisme. Sedangkan menurut Robert A. Dahl, ada tujuh prinsip yang harus ada dalam demokrasi, meliputi kontrol atas keputusan pemerintah, pemilu jurdil, hak memilih dan dipilih, kebebasan menyatakan pendapat, mengakses informasi, dan berserikat.
Namun, di Indonesia hal itu sudah bergeser dan digantikan dengan kapitalisme politik. Banyak calon pemimpin ideal yang terjegal karena tidak punya modal. Akhirnya, para penguasa diisi para kaum kapitalis yang tidak bertanggung jawab atas kemiskinan dan keterpurukan bangsa. Karena itu, sistem demokrasi dinilai tak lagi cocok diterapakan dah harus ditegakkan kembali. Runtuhnya penegakan demokrasi di Indonesia bukanlah kesalahan sistemnya, namun yang salah adalah para penegak demokrasinya yang tidak sesuai aturan main.
Munculnya money politics, korupsi, mafia hukum, dan hedonisme pemerintah merupakan produk dari demokrasi yang lumpuh. Lalu, bagaimana Indonesia bisa bermartabat jika parameter tatanan kehidupan demokrasi tidak berjalan? Solusinya adalah membuka kesadaran secara universal untuk menegakkan demokrasi secara ideal, dari sistem partai politik, pemilu, serta mengambalikan hakikat demokrasi kepada rakyat. Selain itu, sudah saatnya pemerintah dan rakyat bersinergi dalam rangka membangun kesadaran untuk mewujudkan negara demokrasi sesuai dengan impian bersama. Jika tidak, maka demokrasi di Indonesia akan runtuh dengan sendirinya.
Buku ini hadir di depan Anda dengan menginspirasi semua kalangan untuk menegakkan demokrasi sepenuh hati, bukan setengah hati. Bahkan, demokrasi di negeri bisa dikatakan “abal-abal” dan tak jelas sistem apalagi pelaksanaannya. Silahkan membeli dan membaca sebelum stok habis.

Judul               : Demokrasi Setengah Hati
Penulis             : Hamidulloh Ibda
Penerbit           : Kalam Nusantara
Cetak               : I, April 2013
Tebal               : 293 Halaman
ISBN               : 978-602-97319-6-5
Harga              : Rp. 100. 000,- (Bagi 100 pembeli pertama mendapat diskon 25 %)

Catatan            Harga belum termasuk ongkos kirim, kecuali bagi komunitas atau perpustakaan yang ambil minimal 3 eks untuk referensi atau keperluan akademis lainnya. Promo berlaku hingga Juni 2013. Bagi pemesan, bisa mengubungi 08562674799/085225483641.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar